CONTOH KASUS:
Contoh
perusahaan yang menerapkan CSR adalah PT DJARUM. Corporate
Social Responsibility (CSR) merupakan program yang dilakukan oleh sebuah
perusahaan sebagai wujud tanggungjawab dan kepedulian sosial. Namun demikian,
perlu disadari bahwa CSR bukan semata program sosial yang menjadikan perusahaan
sebagai sebuah “lembaga amal” ataupun “bagian dari departemen sosial milik pemerintah”.
Mau tidak mau haruslah diakui bahwa CSR memiliki dua sisi mata uang. Di satu sisi sebagai program kepedulian sosial, sementara di sisi lain merupakan bagian dari perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan.
Mau tidak mau haruslah diakui bahwa CSR memiliki dua sisi mata uang. Di satu sisi sebagai program kepedulian sosial, sementara di sisi lain merupakan bagian dari perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan.
Tantangan
yang harus dijawab terkait hal tersebut adalah bagaimana membangun konsep CSR
yang benar-benar efektif dalam menjalankan fungsi sosial, namun tidak melupakan
tujuan perusahaan untuk mencari keuntungan. Selain itu, bagaimana membangun
konsep CSR yang memiliki dampak positif terhadap peningkatan keuntungan
perusahaan, namun bukan berarti semata mencari keuntungan melalui “kemasan”
tanggungjawab dan kepedulian sosial.
Perlu diketahui, tidak semua perusahaan memiliki program CSR. Bahkan tidak semua perusahaan memiliki divisi Public Relation (PR) atau divisi lain yang biasanya diberikan tugas khusus untuk mengurusi permasalahan CSR. Kalaupun ada perusahaan yang mengagendakan CSR, itu hanya dirangkap oleh divisi lain yang memiliki kedekatan fungsi dalam mencapai tujuan perusahaan untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan, misalnya divisi pemasaran (marketing).
Alasan bagi perusahaan yang mengambil langkah ini, selain untuk efektifitas anggaran, perusahaan yang seperti ini biasanya memiliki orientasi yang terfokus kepada penjualan dan memperoleh keuntungan semata. Selain itu, ada juga diantara perusahaan tersebut yang hanya membuat program CSR sebagai langkah taktis untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan.
Perlu diketahui, tidak semua perusahaan memiliki program CSR. Bahkan tidak semua perusahaan memiliki divisi Public Relation (PR) atau divisi lain yang biasanya diberikan tugas khusus untuk mengurusi permasalahan CSR. Kalaupun ada perusahaan yang mengagendakan CSR, itu hanya dirangkap oleh divisi lain yang memiliki kedekatan fungsi dalam mencapai tujuan perusahaan untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan, misalnya divisi pemasaran (marketing).
Alasan bagi perusahaan yang mengambil langkah ini, selain untuk efektifitas anggaran, perusahaan yang seperti ini biasanya memiliki orientasi yang terfokus kepada penjualan dan memperoleh keuntungan semata. Selain itu, ada juga diantara perusahaan tersebut yang hanya membuat program CSR sebagai langkah taktis untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan.
Bagi perusahaan seperti ini, PR atau CSR
dianggap sebagai divisi dan program yang sekadar “menghabiskan uang perusahaan”
saja. Selain lemah secara tanggungjawab dan kepedulian sosial, mereka belum
menyadari arti penting program jangka panjang untuk keberlangsungan dan
peningkatan keuntungan perusahaan di masa yang akan datang. Dengan kata lain,
mereka belum menyadari CSR sebagai sebuah program investasi jangka panjang
perusahaan.
Sementara itu terkait strategi sebuah
perusahaan yang melakukan program CSR semata untuk mendongkrak penjualan dan
meningkatkan keuntungan, langkah seperti ini memang ada benarnya juga. Tidak
sedikit program-program CSR yang dilakukan perusahaan memiliki dampak secara
langsung karena memang sengaja diarahkan untuk mendongkrak penjualan dan
peningkatan keuntungan perusahaan.
Program CSR “dadakan” ini biasanya dilakukan dengan disertai publikasi yang diarahkan kepada menarik simpati publik sehingga terdorong untuk membeli produk. Selain itu, ada juga perusahaan yang menerapkan strategi keikutsertaan publik dalam program CSR dengan membeli produk tertentu.
Namun demikian, langkah “instan” mengagendakan program CSR untuk meraup keuntungan seperti ini tidak akan memberikan dampak positif yang bertahan lama. Selain anggaran yang akan terus membengkak, pogram CSR yang memang tidak direncanakan untuk jangka panjang akan menjadikan menurunnya kualitas kinerja divisi yang dibebani pekerjaan yang bukan merupakan tugas utamanya.
Persoalan lain yang akan muncul ketika perusahaan yang menjadi kompetitor menggunakan strategi tandingan yang hampir sama, sama, bahkan dengan teknik yang lebih mutakhir. Penghancuran karakater perusahaan di mata masyarakat dan para konsumen tentunya akan sangat berpengaruh kepada penjualan dan penghasilan perusahaan.
Hal yang juga perlu diingat yaitu kondisi masyarakat dan konsumen saat ini yang sudah cerdas. Mereka dapat membedakan mana perusahaan yang benar-benar melakukan program CSR dan mana perusahaan yang melakukan program CSR hanya untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan semata.
Tingkat kecerdasan masyarakat dan konsumen ini akan menentukan pilihan mereka untuk membeli sebuah produk yang dipasarkan oleh perusahaan. Selain itu, bagian ini juga yang biasanya dijadikan landasan strategi bagi pihak perusahaan kompetitor untuk menjatuhkan perusahaan saingannya.
Untuk membangun program CSR yang benar-benar berguna bagi masyarakat dan memiliki dampak positif terhadap penjualan dan peningkatan keuntungan perusahaan, dibutuhkan pemberian program yang memiliki manfaat jangka panjang yang sekaligus dikelola dengan melibatkan masyarakat dan stake holder terkait lain secara berkesinambungan.
Program CSR “dadakan” ini biasanya dilakukan dengan disertai publikasi yang diarahkan kepada menarik simpati publik sehingga terdorong untuk membeli produk. Selain itu, ada juga perusahaan yang menerapkan strategi keikutsertaan publik dalam program CSR dengan membeli produk tertentu.
Namun demikian, langkah “instan” mengagendakan program CSR untuk meraup keuntungan seperti ini tidak akan memberikan dampak positif yang bertahan lama. Selain anggaran yang akan terus membengkak, pogram CSR yang memang tidak direncanakan untuk jangka panjang akan menjadikan menurunnya kualitas kinerja divisi yang dibebani pekerjaan yang bukan merupakan tugas utamanya.
Persoalan lain yang akan muncul ketika perusahaan yang menjadi kompetitor menggunakan strategi tandingan yang hampir sama, sama, bahkan dengan teknik yang lebih mutakhir. Penghancuran karakater perusahaan di mata masyarakat dan para konsumen tentunya akan sangat berpengaruh kepada penjualan dan penghasilan perusahaan.
Hal yang juga perlu diingat yaitu kondisi masyarakat dan konsumen saat ini yang sudah cerdas. Mereka dapat membedakan mana perusahaan yang benar-benar melakukan program CSR dan mana perusahaan yang melakukan program CSR hanya untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan semata.
Tingkat kecerdasan masyarakat dan konsumen ini akan menentukan pilihan mereka untuk membeli sebuah produk yang dipasarkan oleh perusahaan. Selain itu, bagian ini juga yang biasanya dijadikan landasan strategi bagi pihak perusahaan kompetitor untuk menjatuhkan perusahaan saingannya.
Untuk membangun program CSR yang benar-benar berguna bagi masyarakat dan memiliki dampak positif terhadap penjualan dan peningkatan keuntungan perusahaan, dibutuhkan pemberian program yang memiliki manfaat jangka panjang yang sekaligus dikelola dengan melibatkan masyarakat dan stake holder terkait lain secara berkesinambungan.
Program
CSR bermanfaat jangka panjang yang dimaksud yaitu program-program yang memiliki
dampak positif untuk kemajuan masyarakat dan relasi antara masyarakat dengan
perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan kalau memungkinkan dapat
menciptaan sebuah hubungan psikologis seumur hidup.
Program
ini dikelola dengan mengikutsertakan masyarakat dan mengedepankan kemandirian
masyarakat untuk mengurusi keberlanjutan program tersebut. Peran yang diambil
perusahaan, dalam hal ini divisi yang membidangi program CSR, sebaiknya berlaku
sebagai “pendamping” masyarakat, yang menjembatani komunikasi antara perusahaan
dengan masyarakat dan sebaliknya.
Namun demikian, yang perlu diperhatikan dalam proses pengelolaan program CSR yang berbasis masyarakat ini adalah jangan sampai mencampuradukkan antara program CSR dengan program lain dari perusahaan untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan. “Internalisasi” produk perusahaan terhadap masyarakat atau komunitas yang menjadi target program CSR sebaiknya dibiarkan berlangsung secara alami.
Namun demikian, yang perlu diperhatikan dalam proses pengelolaan program CSR yang berbasis masyarakat ini adalah jangan sampai mencampuradukkan antara program CSR dengan program lain dari perusahaan untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan keuntungan. “Internalisasi” produk perusahaan terhadap masyarakat atau komunitas yang menjadi target program CSR sebaiknya dibiarkan berlangsung secara alami.
Dengan kata lain, akan lebih bijak dan akan
sangat menguntungkan bagi perusahaan ketika masyarakat atau komunitas yag
menjadi target program CSR nantinya akan menjadi PR bagi produk-produk maupun
kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan
sangat diuntungkan dengan memiliki “tenaga” dan “sumber daya” yang tumbuh dan
berk kembang dari masyarakat yang nota bene merupakan bagian dari target
pemasaran produk-produk perusahaan.
ANALISIS:
Menurut saya melalui program CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin. CSR sangat penting dilakukan oleh semua perusahaan. Setelah saya baca CSR yang dilakukan oleh Djarum adalah keputusan yang tepat, tidak hanya di bidang pendidikan Djarum juga mencakup bidang pemberdayaan masyarakat,kesehatan dan lingkungan telah memenuhi 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat adanya perusahaan Djarum di sekitar lingkungan mereka seperti adanya peningkatan kesejahteraan, pendidikan masyarakat yang lebih baik, fasilitas umum yang lengkap, dan pembangunan fasilitas desa yang berguna dan mendukung kegiatan social warga sekitar perusahaan. CSR juga berlaku sebagai “pendamping” masyarakat, yang menjembatani komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat dan sebaliknya. CSR juga akan menguntungkan bagi masyarakat karena menaikan citra produk Djarum itu sendiri, dan kerjasama Djarum juga akan berkembang di mata masyarakat dan inovasi perusahaan. Tetapi di lain hal program CSR jika dilakukan secara jangka panjang akan membuat perusahaan Djarum membutuhkan biaya yang banyak. Selain anggaran yang akan terus membengkak, pogram CSR yang diadakan Djarum yang tidak direncanakan untuk jangka panjang akan menjadikan menurunnya kualitas kinerja yang akan membebani pekerjaan yang bukan merupakan tugas utamanya. Pada dasarnya tingkat kecerdasan masyarakat dan konsumen lah yang akan menentukan pilihan mereka untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
ANALISIS:
Menurut saya melalui program CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin. CSR sangat penting dilakukan oleh semua perusahaan. Setelah saya baca CSR yang dilakukan oleh Djarum adalah keputusan yang tepat, tidak hanya di bidang pendidikan Djarum juga mencakup bidang pemberdayaan masyarakat,kesehatan dan lingkungan telah memenuhi 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat adanya perusahaan Djarum di sekitar lingkungan mereka seperti adanya peningkatan kesejahteraan, pendidikan masyarakat yang lebih baik, fasilitas umum yang lengkap, dan pembangunan fasilitas desa yang berguna dan mendukung kegiatan social warga sekitar perusahaan. CSR juga berlaku sebagai “pendamping” masyarakat, yang menjembatani komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat dan sebaliknya. CSR juga akan menguntungkan bagi masyarakat karena menaikan citra produk Djarum itu sendiri, dan kerjasama Djarum juga akan berkembang di mata masyarakat dan inovasi perusahaan. Tetapi di lain hal program CSR jika dilakukan secara jangka panjang akan membuat perusahaan Djarum membutuhkan biaya yang banyak. Selain anggaran yang akan terus membengkak, pogram CSR yang diadakan Djarum yang tidak direncanakan untuk jangka panjang akan menjadikan menurunnya kualitas kinerja yang akan membebani pekerjaan yang bukan merupakan tugas utamanya. Pada dasarnya tingkat kecerdasan masyarakat dan konsumen lah yang akan menentukan pilihan mereka untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
http://lois-enike.blogspot.com/2014/10/pengertian-csr-manfaat-csr-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar